One Stop Qur’an

Nama sebenarnya dari Mushaf ini adalah AL QUR’AN BAYAN …..

Kami menyebutnya sebagai ONE STOP QUR’AN (meminjam istilah ONE STOP SHOPPING, untuk sebuah konsep belanja yang menyediakan kebutuhan dari dulu hingga hilir) karena memang konsep dasarnya adalah bahwa apabila anda ingin mempelajari Al Qur’an secara komprehensif, maka Al Qur’an Bayan inilah rujukannya.

Barangkali kita semua sudah memiliki mushaf al qur’an di rumah-rumah kita masing-masing, tetapi ketika ingin mengetahui Asbabun Nuzulnya maka kita harus mencari lagi di kitab yang lain. Atau kita ingin mengetahui kaidah Tajwidnya, maka kita perlu buka lagi kitab yang lain lagi. Belum lagi kalau kita ingin melihat indeks ayat al qur’an untuk memudahkan pencarian ayat-ayat tertentu dalam Al Qur’an, kita masih harus membuka lagi kitab yang lainnya lagi.

Semua itu insya Allah tidak akan anda dapati lagi dengan Al Qur’an Bayan ini. Karena dalam 1 unit mushaf ini sudah mencakup beberapa kelebihan-kelebihan berikut yang tidak dimiliki mushaf yang lain.

  1. Munasabah

    Munasabah Suroh

    , yakni menjelaskan hubungan antar suroh yang satu dengan suroh yang lainnya, meliputi keterpaduan isi satu suroh dengan isi suroh berikutnya, keterpaduan antara awal suroh dengan penutup suroh sebelumnya dan keterpaduan antara awal surah dengan akhir suroh.

  2. Munasabah Kelompok Ayat, buat sebagian orang istilah ini pasti asing. Munasabah adalah keterkaitan dan keterpaduan antara bagian-bagian ayat atau suroh dalam Al Qur’an. Munasabah membantu kita untuk bisa memahami dengan baik bila keterkaitan dan keterpaduan terjadi dalam Al Qur’an.
  3. Hadits Yg Berkaitan

    Hadits-hadits Berkaitan

    , yakni menjelaskan relevansi hadits dengan ayat di dalam Al Qur’an. Dilengkapi pula dengan penjelasan yang diyakini shahih sumbernya.

  4. Asbabun Nuzul, yaitu seputar sebab-sebab turunnya Al Qur’an. Sebagian kita tidak memahami kalau setiap ayat dalam Al Qur’an memiliki sejarah. Catatan sejarah turunnya Al Qur’an ini kita kenal dengan Asbabunnuzul. Bagi setiap penurunan ayat, Asbabun Nuzul akan menceritakan kisah-kisah yang bersunber dr hadits yang shohih. Hal ini meliputi pemahaman tentang : penetapan hukum yang sudah melalui pertimbangan, untuk memahami ayat yang turun berlaku khusus atau umum, membantu dalam memahami makna dan kandungan ayat, menghindari penyalahgunaan ayat untuk tujuan tertentu. Dalam hal ini digunakan rujukan Asbabunnuzul yang shorih.
  5. Mutiara Ayat

    Mutiara Ayat, merupakan kesimpulan antar kelompok ayat. Al Qur’an Bayan mengelompokkan pesan-pesan atau kesimpulan kelompok ayat termaksud dan akan didapatkan pada setiap halaman.

  6. Terjemahan Bahasa Indonesia. Hal ini penting karena banyak diantara kita tidak memahami bahasa Al Qur’an yaitu bahasa Arab. Maka adalah suatu yang urgen untuk menterjemahkan Al Qur’an ke dalam Bahasa Indonesia, agar makna dan kandungannya mudah dipahami oleh kita semua dan pada akhirnya mudah juga untuk diaplikasikan dalam tata kehidupan sehari-hari.
  7. Untaian Hikmah, merupakan nasihat-nasihat atau kata-kata bijak yang diambil dari hadits-hadits Rasululloh SAW serta pernyataan mulia para ulama.
  8. Tajwid Al Qur’an. Al Qur’an haruslah indah terdengar dan nyaman dibaca, serta tartil dalam lisan. Niscaya Al Qur’an tidak akan nyaman dibaca, tidak akan indah terdengan dan tidak akan tartil dilisan seandainya dalam bacaannya tidak mengikuti kaidah tajwid. Untuk itulah pada mushaf ini juga dimuat Tanda Tajwid dan Panduan hukum-hukum Tajwid untuk mempermudah pembaca dalam memperindah bacaan qur’annya.
  9. Indeks Ayat Al Qur’an. Mushaf ini juga dilengkapi dengan Indeks Al Qur’an berdasarkan tema atau indeks tematik. Hal ini akan mempermudah pembaca dalam mencari ayat-ayat Al Qur’an yang diinginkan.
  10. Dalil-dalil Keutamaan Membaca Al Qur’an. Untuk memahami Fadhilah dalam membaca Al Qur’an, maka dimasukkan juga hadits-hadits atau ayat Al Qur’an yang menjelaskan keutamaan bagi orang yang membaca Al Qur’an pada halaman tambahan Mushaf Al Qur’an Bayan ini.

BUKAN SEKEDAR TEROBOSAN BARU

Navigator Al Qur'an Bayan

Kehadiran Al Qur’an Bayan tidak sekedar terobosan baru dalam dunia permushafan, tetapi juga diharapkan bisa menjadi referensi khusus untuk para penceramah-penceramah atau untuk acara kultum di setiap jeda kegiatan shalat jamah, sholat tarawih ataupun yang lainnya.

Al Qur’an Bayan juga bukanlah Al Qur’an biasa. Kalau diibaratkan sebuah sajian makanan maka Al Qur’an Bayan adalah sajian yang segala menu sajiannya ada dalam satu kemasan atau sajian. Tidak berlebihan apabila kita menyebutnya sebagai ONE STOP QUR’AN.

SUPERVISI PENYUSUNAN NASKAH

Untuk memastikan agar mushaf ini memiliki presisi yang sempurna, maka kami mengangkat tim supervisi untuk memastikan hal tersebut yang terdiri dari para ahli dalam bidang Al Qur’an.

  • DR. H. Muslih Abdul Karim M.A : Pendiri dan sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Tahfiszul Qur’an “BAYTUL QUR’AN” Depok Jawa Barat. Beliau juga pengajar bidang Tafsir dan Hadits di banyak perguruan tinggi Islam baik dalam negeri ataupun di luar negeri.
  • DR. H. Akhsin Sakho Muhammad M.A : Rektor Institut Ilmu Qur’an Jakarta (IIQ Jakarta) dan pakar bidang Tafsir dan Hadits di Indonesia. Beliau juga menjabat Sekretaris Lajnah Pentaskhih Al Qur’an Departemen Agama RI.

Al Qur’an Bayan ini diluncurkan pada 18 Januari 2010 di Jakarta dan diresmikan olek Menteri Agama RI, Bp. H. Suryadharma Ali.

SPESIFIKASI FISIK

  • Ukuran Isi      : 25 x 35 cm (ukuran tertutup), isi 688 halaman
  • Bahan               : Cover : kertas board no.30, Isi : QPP 60 gr, 4/4/Full Color
  • Box Cover       : The Lux

Responses

  1. Mas Bambang..aku pesan ya…

  2. kalu jadi Agen gimana ?

    • Untuk keagenan, ada aturannya tersendiri .
      Insya Allah sgr dikirimkan via email di whitejoker@ymail.com

      kalau boleh tahu, domisilinya dimana ya ?

  3. Assalamu’alaikum wr wb

    Apa ada di toko buku, mas? Sy kebetulan di osaka. Mau minta kirim2 ke ortu, mgkn sekalian mau minta ini jg

    Wassalam
    Ana

    • Wa’alaikum salam

      Setahu saya di toko buku adanya di Gramedia sama Gunung Agung
      Tapi kebetulan ini stok lg habis dan insya Allah awal April baru ready

      Dari pada repot2 ke Toko buku, pesan ke sini aja, nanti dikirim sampai ditempat tujuan.
      Memangnya kalau boleh tahu, ORTU ada di mana ?

  4. kang Bambang, salam Ikhwanuddin Pasar Rebo- tegal. kepriben kabare?

    • apa kabare kang Ikhwan ?
      kabarku alhamdulillah apik …

      Pan pesen sing kaya apa len ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: