Oleh: spesialisquran | Maret 12, 2010

Kemuliaan Bagi Pecinta Al Qur’an (2)

Dalam sebuah hadits, Rasululloh SAW memberikan gambaran kepada kita tentang posisi orang-orang yang gemar mengkaji kitab Allah (Al Qur’an) di sisi Allah SWT.

” Tidaklah berkumpul suatu kaum di rumah diantara rumah-rumah Allah. Mereka senantiasa tilawah (membaca) kitab Allah dan senantiasa saling mentadarrusi (mengkaji dan mendalami) kitab Allah diantara mereka. Kecuali Allah akan turunkan kepada mereka ketenangan hati (sakinah), dan Allah akan dikucurkan RahmatNya kepada mereka, dan akan Allah utus para malaikat untuk senantiasa menjaga mereka, dan akan Allah sebut-sebut mereka di depan semua malaikat yang ada disekelilingNya “ Aw kama qoola Rasululloh SAW.

Hadits ini paling tidak memberikan beberapa catatan penting kepada kita semua :

  1. Tempat terbaik untuk berkumpul, apalagi dalam rangka untuk mengkaji ilmu Allah adalah di rumah Allah yaitu masjid atau musholla. Sehingga semestinyalah kita semua mencintai rumah Allah, krn itu adalah sebaik-baik tempat berkumpul.
  2. Yang disebut baik sebagaimana poin di atas adalah apabila aktifitas berkumpulnya adalah dalam rangka tilawah dan tadarrus Al Qur’an. Tetapi apabila yg dilakukan adalah keburukan, maka nilai kebaikan sebuah masjid atau musholla menjadi hilang dengan sendirinya, tentu buat pelaku keburukan itu sendiri.
  3. Tilawah diartikan oleh banyak ulama sebagai aktifitas membaca secara lafzhiyan (membaca secara lisan dari tulisan yang ada). Tentang keutamaan dari aktifitas tilawah ini sudah saya tuliskan di bagian 1 tulisan dengan judul yang sama. Sedangkan tadarrus dimaknai sebagai aktifitas memahami makna dan kahikat yang ada dalam setiap bacaan yang dibaca. Aktifitas ini menuntut kita untuk memahami kaidah-kaidah dasar Ulumul Qur’an. Bagi yang tidak menguasai ‘Ulum Syar’i dengan baik, maka akan banyak keterbatasan. Untuk mendapatkan rujukan yang bagus untuk Tadarrus, silakan klik link berikut : https://spesialisquran.wordpress.com/one-stop-quran/.
  4. Manfaat pertama dari aktifitas Tilawah dan Tadarrus adalah munculnya rasa ketenangan jiwa (sakinah). Dalam era seperti sekarang ini dimana kehidupan materialistis sudah begitu menguasai setiap sudut kehidupan kita, orang-orang terkadang rela membayar mahal untuk mendapatkan ketenangan. Tilawah dan tadarrus adalah aktifitas gratis yang bisa menjadi solusi dari berbagai jenis persoalan hati dan jiwa yang menghinggapi sebagian besar kita.
  5. Manfaat berikutnya adalah akan dikucurkannya rahmat Allah kepada mereka. Rahmat Allah inilah yang akan menjadikan semua urusan kehidupan kita menjadi begitu mudah, enak dijalaninya dan melahirkan kebahagiaan mendalam. Dan Tilawah serta Tadarrus bisa menjadi kunci di bukakannya pintu rahmat Allah SWT.
  6.  Berikutnya adalah satu hal dahsyat, bahwa Allah akan utus para malaikatnya yang taat untuk senantiasa menjaga kita baik dari godaan syaitan ataupun dari semua mara bahaya yang lain selama kita berada dalam majlis tilawah dan tadarrus tadi. Kalau Allah sudah menjaga kita lewat para malaikatNya, maka tidak akan ada kekuatan lain yang bisa menghalanginya.
  7.  Yang terakhir dan sangat tinggi nilainya, Allah akan sebut-sebut semua anggota majlis tilawah dan tadarrus di depan para malaikat yang ada disekelilingnya. Disebut-sebut disini berarti dibangga-banggakan, dalam istilah kita : Allah pamer akan kemuliaan hamba-hambanya tersebut di depan para malaikat. Ketika Allah SWT pamer dan membangga-banggakan hambaNya di depan para malaikat yang mulia, itu mengandung makna bahwa hamba-hanbanya tersebut memiliki keutamaan dan kedudukan melebihi keutamaan dan kedudukan para malaikat mulia yang taat tersebut di mata Allah. Karena apabila tidak memiliki keutamaan dan kedudukan yang lebih tinggi, maka sesungguhnya hambaNya tersebut tidak patut untuk dibanggakan.

Demikianlah balasan kemuliaan yang akan Allah berikan kepada hamba-hambaNya yang gemar berkumpul dan senantiasa membaca dan mengkaji ayat-ayat Allah. Sungguh beruntung bagi siapa saja yang berhasil mendapatkan kemuliaan tersebut. Dan sungguh merugilah bagi siapa saja yang luput dari kemulian-kemuliaan tersebut.

ONE STOP QUR’AN insya Allah akan membantu kita semua lebih mudah memahami ayat-ayat Allah terbut dan berhak meraih berbagai keutamaan dan kemuliaan yang Allah janjikan lewat sabda RasulNya …..

 

Wallahu a’lam.

 


Responses

  1. Alhamdulillah….Subhanallah..
    Salam dari suami saya pak….

    • wa’alaikum salam … bu
      suami ibu tuh Pa Supriyadi Joglo atau bukan sih ….
      soalnya td pas buka koneksi lg lemot jd fotonya gak jelas banget

      • Iya betul pak….Supriyadi Joglo….
        Salam untuk istri dan anak2….
        Silakan beri komen di blog saya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: